7 Tahun Nyeri di Perut Kanan dan Sering Buang Air Kecil, Apa Solusinya?

 On Saturday, December 14, 2013  


dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes
Departemen Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan
Siloam Kebon Jeruk - Siloam Karawaci Hospital Jakarta, Pak Dokter saya mengalami sakit perut sebelah kanan dan sering kencing/buang air kecil, sudah hampir 7 tahun, sudah diperiksakan ke dokter diaognos usus buntu kemudian dioperasi setelah operasi masih juga sakit dan sering kencing saya berobat kerumah sakit periksa dara dan urin hasil normal.

Kata dokter infeksi saluran kencing, pas minum obat berhenti tetapi habis obat kambuh lagi, kalau sibuk kerja sering kambuh dan perut kanan sakit. Apa kira solusinya Dokter? Terimakasih.

Joni (Laki-laki menikah, 32 tahun)
joniparXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 163 cm, berat badan 52 kg

Jawaban

Dear Pak Joni,

Banyak penyebab nyeri perut bagian kanan dan perlu dievaluasi karena kendala yang dialami sudah 7 tahun. Penyakit usus buntu umumnya tidak berhubungan dengan nyeri berkemih dan infeksi saluran kencing umumnya dapat terdeteksi melalui pemeriksaan urin.

Jika hasil lab darah dan urin normal, kemungkinan besar diperlukan bantuan pemeriksaan penunjang lainnya yang bisa didiskusikan dengan dokter seperti pemeriksaan radiologi maupun kolonoskopi. Tidak jarang penyebabnya adalah spasme (kram) otot perut maupun radang usus.

Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes
Departemen Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan
Siloam Kebon Jeruk - Siloam Karawaci Hospital

(hrn/up)


sumber

7 Tahun Nyeri di Perut Kanan dan Sering Buang Air Kecil, Apa Solusinya? 4.5 5 Robert Parker Saturday, December 14, 2013 dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan Siloam Kebon Jeruk - Siloam Karawa...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top