Begini Caranya Mengatasi Sembelit Pada Balita

 On Thursday, December 19, 2013  

Jakarta, Sembelit tidak hanya dialami orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Ketika menghadapi situasi itu, kebanyakan orang tua merasa khawatir. Ya, orang tua mana sih yang tega melihat anaknya kesakitan. Perlu diingat bahwa sembelit pada balita adalah sesuatu yang umum dan bukan merupakan penyakit serius.

Sembelit terjadi karena tinja yang keras dan terlalu sulit untuk keluar. Gejala yang menyertai sembelit adalah mual, sakit perut, kembung, kehilangan nafsu makan, dll. Karena itu sangatlah penting untuk mengontrol makanan balita agar terhindar dari sembelit.


Seperti dilansir Boldsky, Rabu (18/12/2013), inilah beberapa tips mengatasi sembelit bada balita:


1. Diet sehat
Diet sehat adalah sesuatu yang diperlukan untuk menghindari sembelit pada balita. Berikan anak Anda makanan yang kaya akan serat. Balita perlu memakan makanan yang tak hanya membuatnya sehat, tetapi juga yang lezat. Buah-buahan dan sayuran untuk diet adalah pilihan yang baik.


Hias makanan agar menarik, sehingga ia tidak melewatkan makan. Ketika Anda memberikan terlalu banyak serat, jangan lupa untuk memberinya beberapa makanan cair. Makanan semacam ini memainkan peran utama dalam mengatur buang air besar pada balita.


2. Memberikan laksatif atau pelunak feses
Laksatif dapat diberikan untuk mengatasi sembelit pada balita. Pelunak feses ini aman untuk digunakan dan dapat digunakan dengan mudah. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anak untuk hasil yang lebih baik.


3. Aktivitas fisik
Aktivitas fisik memainkan peran utama, tidak terkecuali aktivitas fisik pada balita. Pastikan bahwa anak Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup. Seorang anak setidaknya melakukan aktivitas fisik selama 60 menit sehari dan ini akan membantu untuk mengatur gerakan usus dalam dirinya.


4. Perhatikan obat-obatan pada anak
Jika anak mengeluh sakit, Anda mungkin akan langsung memberikan obat-obatan pada anak. Namun sebaiknya perhatikan obat-obatan yang Anda berikan. Jika Anda menemukan bahwa obat-obatan tersebut menyebabkan sembelit, maka lebih baik stop penggunaan obat itu.


5. Disiplin
Pastikan anak pergi ke toilet di waktu yang sama setiap hari. Lebih baik katakan padanya "sekarang saatnya untuk kamar mandi dan buang air besar' untuk menanamkan disiplin dalam dirinya.


sumber

Begini Caranya Mengatasi Sembelit Pada Balita 4.5 5 Robert Parker Thursday, December 19, 2013 Jakarta, Sembelit tidak hanya dialami orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Ketika menghadapi situasi itu, kebanyakan orang tua merasa khawa...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top