Hati-hati, Emosi Bisa Menyebabkan Depresi

 On Thursday, December 19, 2013  

Jakarta, Namanya juga manusia biasa, tentu pernah merasakan berbagai emosi negatif. Marah, kesal, dan sedih adalah contoh dari emosi negatif. Namun sebaiknya Anda jangan terlalu lama menyimpan perasaan tersebut karena ternyata dapat menyebabkan depresi.

Penelitian terbaru di Belanda dan Amerika menunjukkan bahwa orang-orang yang susah keluar dari emosi negatifnya memiliki gejala depresi. Tes dilakukan dengan cara menanyakan kondisi mood mereka sebanyak 10 kali dalam sehari selama lima hari berturut-turut.


Chris Schneck M.D, direktur medis dari University of Colorado Depression Center memaparkan bahwa kesulitan untuk bangkit muncul karena emosi negatif juga mempengaruhi sistem biologis seseorang. "Emosi negatif berpengaruh pada kondisi tidur, energi, motivasi, serta kemampuan berpikir jernih," ujarnya seperti dikutip dari menshealth.com pada Rabu (18/12/2013)


Dr Schneck menambahkan bahwa orang yang mengalami kesedihan berlarut atau dimarahi oleh bosnya dapat meningkatkan peluang terjadinya depresi. Hal itu diperparah dengan kesulitan tidur, susah berkonsentrasi, menghindari kontak sosial, serta memiliki gangguan pada punggung dan kepala.


David Hellerstein, M.D, direktur di Mood Disorders Research Program di Columbia University, memberikan tips menghindari terjadinya stres sebelum Anda sudah lebih dulu dibawa ke rumah sakit jiwa. "Cara tercepat adalah berolahraga teratur," ujar Hellerstein.


Ia menjelaskan cara terakhir jika tidak dapat melakukanolahraga teratur, maka bergeraklah. "Bergeraklah. Karena menggerakkan tubuh selama setengah jam sehari saja dapat menjauhkan diri anda dari depresi," pungkasnya.


sumber

Hati-hati, Emosi Bisa Menyebabkan Depresi 4.5 5 Robert Parker Thursday, December 19, 2013 Jakarta, Namanya juga manusia biasa, tentu pernah merasakan berbagai emosi negatif. Marah, kesal, dan sedih adalah contoh dari emosi negati...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top