Ini Area yang Jadi Tempat Berkembang Biak Terbaik Bagi Nyamuk Anopheles

 On Tuesday, December 17, 2013  

Nyamuk anopheles penyebab malaria biasanya suka tinggal di air kotor dan tempat sampah. Oleh karena itu, tak seperti nyamuk aedes aegypti, nyamuk anopheles jarang tinggal di tempat-tempat yang cenderung bersih, misalnya di pemukiman.

"Sebab, daerah itu bukan menjadi habitat yang cocok bagi nyamuk untuk meletakkan larvanya. Ada beberapa ekosistem yang menjadi tempat paling bagus untuk nyamuk anopheles berkembang biak," tutur Prof. Dr Amrul Munif, MSc dari Bidang Entomologi dan Molusca (Biologi Lingkungan) Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.


Menurut Prof Munif, jika di daerah pantai, nyamuk anopheles suka tinggal di tambak ikan yang tidak dikelola dengan baik. Sedangkan di daerah persawahan, nyamuk suka tinggal di area yang ditumbuhi padi.


Hal itu ia sampaikan di sela-sela Orasi Ilmiah Pengukuhan Profesor Riset tahun 2013 di kantor Kemenkes, JL. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/12/2013).


"Sedangkan, tempat istirahat yang paling disenangi nyamuk yaitu tebing, sungai, parit, dan area tanaman perdu," kata Prof Munif.


Untuk nyamuk betina, rata-rata berumur 25,6 hari. Perlu juga diketahui bahwa beberapa spesies anopheles bisa terbang dalam jarak 350 sampai 550 meter. Sehingga penularannya lebih luas daripada spesies yang jarak terbangnya lebih pendek.


Namun, menurut Prof Munif perlu diingat juga bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi persebaran nyamuk anopheles yaitu faktor biotik dan abiotik. Faktor biotik di antaranya penyebaran spesies dan kerapatan vegetasi seperti keteduhan dan jumlah sinar matahari. Sedangkan, faktor abiotik seperti intensitas sinar matahari, kecepatan angin, dan curah hujan.


"Termasuk perubahan iklim global yang normalnya terjadi dalam kurun waktu tiga sampai tujuh tahun, tapi saat ini terjadi hanya dalam waktu dua sampai lima tahun," pungkas Prof Munif.


sumber

Ini Area yang Jadi Tempat Berkembang Biak Terbaik Bagi Nyamuk Anopheles 4.5 5 Robert Parker Tuesday, December 17, 2013 Nyamuk anopheles penyebab malaria biasanya suka tinggal di air kotor dan tempat sampah. Oleh karena itu, tak seperti nyamuk aedes aegypti, n...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top