Ini yang Menyebabkan Korban Luka Bakar Meninggal

 On Wednesday, December 11, 2013  

Polisi menyebut tujuh orang tewas dalam kecelakaan maut yang melibatkan Commuter Line Serpong-Tanah Abang dengan truk tangki Pertamina berisi premium di perlintasan pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan. Mengingat adanya muatan premium, bumbungan api memang tak terhindarkan. Nah, apa yang menyebabkan korban luka bakar akhirnya meninggal?

"Bisa jadi karena penyempitan saluran pernapasan atau karena tidak bisa melewati fase shock. Ketika korban ada di grade 3, biasanya lukanya lebih dalam dan karenanya sampai tidak merasakan sakit karena sarafnya hangus. Earna kulitnya jadi putih ke pink dan sudah nggak ada lagi gelembung berisi cairan," kata dr Vera Ikasari, SpBP, spelialis bedah plastik dari RSU Bunda, saat berbincang dengan detikHealth, Senin (9/12/2013).


Ketika seseorang mengalami luka bakar, tidak semua bagian tubuhnya berada di derajat luka bakar yang sama. Misalnya ada bagian yang mengalami luka bakar di grade 2a, ada yang 2b, dan ada yang 3. Saat mengalami luka bakar, ada fase shock, di mana setidaknya mendapat fokus perhatian 1 x 24 jam.


"Dilihat juga apakah wajahnya terbakar, apakah dalam ruangan tertutup, dalam jangka waktu lama bulu hidung ikut terbakar, rambut terbakar. Juga waspada cedera inhalasi dan bengkak saluran pernapasan. Biasanya dilihat dalam 8 jam apakah saluran pernapasan menyempit," terang dr Vera.


Menurut dia, jika sudah mendekati 8 jam, diperiksa apakah rasio oksigen bagus atau hampir 100 persen, apakah pasien tidak sesak. Selain itu juga dipastikan laringoskopi tidak bengkak dan tidak terjadi cedera inhalasi. "Hawa panas dan kotoran sisa pembakaran kan bisa memapar korban juga," sambung dr Vera.


Cara terbaik untuk pertolongan pertama pada luka bakar ringan adalah mengguyurnya dengan air mengalir atau air es. Guyuran air keran atau es yang mengalir dimaksudkan agar suhu air selalu konstan, tidak mengikuti suhu tubuh. Tujuannya, agar panas tidak masuk dan menjalar ke jaringan yang lebih dalam.


"Karena biasanya proses luka bakar belum selesai. Kalau sekarang tersiram air panas, melepuh tapi dibiarkan, besok lepuhnya akan semakin lebar. Itu karena proses luka bakarnya terus terjadi. Nah, air mengalir atau es ini fungsinya untuk menghentikan panas dan luka bakarnya tidak semakin parah," ucap dr Vera.


sumber

Ini yang Menyebabkan Korban Luka Bakar Meninggal 4.5 5 Robert Parker Wednesday, December 11, 2013 Polisi menyebut tujuh orang tewas dalam kecelakaan maut yang melibatkan Commuter Line Serpong-Tanah Abang dengan truk tangki Pertamina beris...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top