Kista Ovarium Penyebab Kemandulan?

 On Sunday, December 15, 2013  

Kista sering menjadi penyebab susahnya wanita untuk hamil dan memiliki keturunan. Lantas apakah setiap wanita yang menderita kista ovarium pasti akan mandul?

"Belum tentu, tergantung jenisnya, kalau nggak ganas kan bisa diobati," tutur dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, dokter kandungan dari RSUD Leuwiliang Bogor, saat berbincang dengan detikHealth, Rabu (11/12/2013).


Hal yang sama juga disampaikan dr Sita Ayu Arumi, SpOG. Menurutnya, banyak orang hamil yang juga punya kista, karena untuk hamil tidak hanya indung telurnya saja yang harus diperhatikan.


"Status fertilitas tidak dilihat dari indung telurnya saja," ujar dr Sita Ayu Arumi, SpOG, dokter kandungan dari RSU Bunda Jakarta.


dr Sita mengatakan, kista memang mempengaruhi peluang wanita untuk hamil, karena kista bisa menurunkan cadangan sel telur. Bila kista dibiarkan lama tanpa diobati, maka cadangan sel telur akan semakin sedikit dan lama-lama bisa habis.


Saat kista diangkat pun ada sebagian indung telur yang diangkat. Atau ada jaringan yang sebagian rusak lalu harus diangkat. Fungsi ovulasi yang juga dipengaruhi siklus haid akan berubah setelah indung telur yang diangkat sebagian.


"Sehingga, tidak bisa menghasilkan hormon. Tapi sekali lagi, tergantung kasusnya. Kalau hanya sebagian saja indung telurnya yang bermasalah ya masih ada peluang untuk hamil," papar dr Irfan.


Namun perlu diingat, untuk hamil masih ada faktor lain yang harus diikutsertakan. Dokter harus mengevaluasi, selama masih ada indung telur maka masih bisa lakukan program kehamilan misalnya lewat inseminasi atau bayi tabung.


sumber

Kista Ovarium Penyebab Kemandulan? 4.5 5 Robert Parker Sunday, December 15, 2013 Kista sering menjadi penyebab susahnya wanita untuk hamil dan memiliki keturunan. Lantas apakah setiap wanita yang menderita kista ovarium p...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top