Manfaat Sehat di Balik Rasa Segar Peppermint

 On Wednesday, December 11, 2013  

Efek menyegarkan dari tumbuhan satu ini membuatnya cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam makanan. Cita rasa mint kerap disematkan ke dalam berbagai jenis makanan mulai dari permen, es krim, hingga kopi. Bagi pencinta rasa mint, Anda boleh berbahagia karena ternyata Peppermint memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Dilansir dari Huffington Post, Selasa (10/12/2013), peppermint memiliki beberapa manfaat kesehatan. Manfaat tersebut antara lain:


1. Meringankan masalah perut
Mitos yang beredar menyebutkan bahwa peppermint bisa menyembuhkan berbagai macam masalah usus, seperti mual hingga nyeri karena menstruasi. Namun khasiat peppermint dalam mengobati masalah perut bukan hanya mitos. Sebuah studi di Italia pada tahun 2007 menunjukkan bahwa gejala sindrom iritasi usus besar berkurang sekitar 75% pada pasien yang meminum kapsul minyak peppermint selama satu bulan.


Sebuah studi di Australia pada tahun 2011 menjelaskan mengapa peppermint terlihat sangat ampuh meredakan rasa sakit pada masalah perut. Ternyata, peppermint mampu mengaktifkan sebuah kanal anti rasa sakit di usus besar sehingga menenangkan rasa nyeri pada saluran pencernaan.


2. Meredam rasa lapar
Aroma mampu memanipulasi keinginan Anda. Jika Anda ingin makan sebuah permen, maka hiruplah aromanya. Dengan menghirup aromanya, seolah-olah Anda benar-benar memakan permen tersebut sehingga Anda tidak perlu makan permen. Efek yang sama juga terjadi pada peppermint. Sebuah studi pada tahun 2011 membuktikannya.


Dalam studi yang dimuat di Chicago Tribune, peneliti menyuruh orang-orang untuk menghirup aroma peppermint setiap dua jam sekali. Hasilnya, ternyata mereka yang menghirup aroma peppermint merasa tidak selapar orang-orang yang tidak menghirupmya. Mereka yang menghirup aroma peppermint juga mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan dengan yang tidak.


3. Meringankan sakit kepala
Sering merasa sakit kepala karena stress, rasa cemas berlebih, dan karena konsumsi alkohol? Termyata sedikit treatmen dengan minyak peppermint dapat mengatasi sakit kepala Anda. Cukup oleskan minyak peppermint pada area kepala. Sebuah studi kecil pada tahun 1996 membuktikan bahwa menggosokkan minyak peppermint di dahi dan pelipis dapat meredakan sakit kepala sefektif parasetamol.


sumber

Manfaat Sehat di Balik Rasa Segar Peppermint 4.5 5 Robert Parker Wednesday, December 11, 2013 Efek menyegarkan dari tumbuhan satu ini membuatnya cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam makanan. Cita rasa mint kerap disematkan ke d...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top