Minumlah Susu Sapi Organik Jika Ingin Jantung Sehat

 On Wednesday, December 18, 2013  

Tidak semua jenis susu sapi mempunyai kandungan gizi yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahawa susu sapi jenis tertentu memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibanding susu yang lain. Susu sapi jenis apakah yang paling menyehatkan? Ternyata susu dari sapi yang makan rumput segar adalah paling baik untuk jantung!

Dikutip dari Daily Mail (10/12/2013), susu berkemasan organik dan karton adalah susu yang paling baik kandungan gizinya. Tim peneliti dari Universitas Negara Bagian Washington telah meneliti 400 merk susu sapi. Hasilnya, susu sapi organik adalah jenis yang paling sehat di antara jenis susu lainnya.


Yang membuat susu sapi organik lebih sehat adalah kandungan omega-3 di dalamnya. Omega-3 tersebut merupakan lemak baik yang sehat untuk jantung. Sedang jenis lemak lain, yaitu omega-6, saat berlebihan malah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.


Susu-susu yang diteliti memiliki kandungan total lemak yang sama. Tapi perbandingan lemak baik dan lemak jahat dalam susu organik dan susu biasa sangat berbeda. Dibandingkan susu lain, susu organik memiliki omega-3 atau lemak baik dua kali lebih banyak.


"Kami sangat terkejut dengan besarnya perbedaan kualitas gizinya," ujar Dr Charles Benbrook, pimpinan tim peneliti di Washington State University.


Menurut para peneliti, perbedaan level lemak baik itu disebabkan oleh pola makan sapi. Sapi-sapi penghasil susu organik tidak memakan jagung dan biji-bijian yang biasa digunakan di peternakan non-organik. Sapi-sapi tersebut memakan rumput segar di padang rumput.


"Ternyata pemilihan makanan yang sederhana dapat meningkatkan level lemak baik pada susu organik," ujar Dr Benbrook.


Rasio lemak jahat banding lemak baik dalam makanan ala barat biasanya adalah 15:1. Pada susu biasa, rasionya adalah 5,8:1. Sedangkan pada susu organik, rasionya hanya 2,3:1.


Kualitas nutrisi susu yang baik dapat meningkatkan kesehatan jangka panjang, khususnya untuk wanita hamil, bayi, anak-anak, dan mereka yang mempunyai risiko tinggi terserang penyakit jantung. Jika ingin jantung lebih sehat, Anda bisa mengganti konsumsi susu sapi biasa dengan susu sapi organik.


sumber

Minumlah Susu Sapi Organik Jika Ingin Jantung Sehat 4.5 5 Robert Parker Wednesday, December 18, 2013 Tidak semua jenis susu sapi mempunyai kandungan gizi yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahawa susu sapi jenis tertentu memiliki kandun...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top