Orang-orang yang Seperti Ini Rentan Kena Kista Ovarium

 On Saturday, December 14, 2013  

Ovarium adalah salah satu organ penting dalam tubuh wanita. Jika terganggu seperti kena kista, para wanita tentu was-was dibuatnya. Untuk itu sebagai bentuk antisipasi, perlu diketahui dulu siapa saja orang yang rentan terkena kista ini.

"Faktor risiko itu wanita yang sudah menopause, usianya di atas 50 tahun," papar dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG dari RSUD Leuwiliang Bogor saat dihubungi detikHealth seperti ditulis Rabu (11/12/2013).


Menurut dr Irfan, semakin tinggi faktor risikonya maka peluang seseorang untuk terkena kista ovarium juga tinggi. Namun sebab munculnya kista bisa karena banyal hal dan tidak pasti seperti halnya kanker mulut rahim (endometriosis).


Lalu apakah risiko seseorang untuk terkena kista ovarium dipengaruhi oleh gaya hidup tertentu yang mereka miliki? dr Irfan mengatakan dampak gaya hidup maupun stres yang dialami penderita tidaklah berkaitan dengan risiko kista ovariumnya.


"Kalau merokok bisa karena sifat karsinogennya, tapi (konsumsi) alkohol tidak terlalu (berdampak pada munculnya kista) karena ovarium tidak dilewati saluran metabolisme," imbuh dr Irfan.


Baginya, yang terpenting adalah makin tinggi tingkat pendidikan seorang wanita, makin tinggi juga kesadarannya untuk mengatasi kista. "Kan banyak wanita yang ketakutan duluan saat punya kista," katanya.


Padahal, lanjut dr Irfan, kista non-neoplastik seperti halnya kista ovarium tidaklah ganas. Dan kista baru dianggap berpotensi bahaya dan perlu diangkat jika diameternya lebih dari 5 cm.


"Kalau belum mencapai 5 cm kita observasi terus. Kecuali untuk endometriosis ya. Kista yang nggak ganas kalau masih kecil bisa diberi suntikan, tapi mahal (biayanya) bisa Rp 1,5 juta. Tapi kalau nggak mengecil ya harus diangkat," terang dr Irfan.


sumber

Orang-orang yang Seperti Ini Rentan Kena Kista Ovarium 4.5 5 Robert Parker Saturday, December 14, 2013 Ovarium adalah salah satu organ penting dalam tubuh wanita. Jika terganggu seperti kena kista, para wanita tentu was-was dibuatnya. Untuk it...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Back to top